Orang-orang Menjengkelkan

“Setiap perjuangan ternyata selalu melahirkan sejumlah pengkhianat”

– Taufik Ismail

Saya mencoba memulai dengan cara sederhana, Gresik, sebagai sebuah kota buffer, kecil dan pinggiran  tak mungkin dapat ditemukan dalam satu halaman penuh surat kabar harian dengan muatan berita yang variatif, untuk itulah beberapa hari terakhir muatan berita online sebagai satu-satunya media yang bisa saya akses dengan cepat memuat berita pelemparan ke gedung DPRD dari mulai tomat sampai telur busuk. Saya mencoba menahan diri untuk tidak menuliskannya ulang, karena saya pikir hal ini akan percuma dan sia-sia, sebisa mungkin saya ingin tak hanya sekedar menuliskan ulang disini, tapi lebih ingin melempar sesuatu yang mungkin jauh lebih busuk dari sekedar telur, apapun itu, tak hanya ke gedung, jika memungkinkan.

Saya juga tak hendak menganalisa bagaimana wakil rakyat itu bisa bermetamorfosis menjadi “orang-orang yang menjengkelkan” dalam sejarah republik, terlebih dalam konteks demokrasi dan reformasi. Tapi sepertinya saya tak punya pilihan kata lain selain mengutip Taufik Ismail dengan menyebutnya sebagai pengkhianat. Dan saya tak perlu bertanya seperti apa rasanya dikhianati, tapi yang mengherankan saya, kita tak pernah jera untuk selalu dikhianati, di setiap pesta demokrasi, di setiap bilik yang sempit lagi menghimpit, dengan alasan ekonomi kita menghidupkan pengkhianat-pengkhianat baru.

1 Response to “Orang-orang Menjengkelkan”


  1. 1 indra kh September 12, 2012 at 10:08 am

    Arg anggota dewan, tak perduli di pusat atau di daerah memang hanya memunculkan “banyak” pengkhianat, bukan hanya sejumlah. Kadang suka berpikir: masih adakah yang baik di sana? Tersisa berapa? *putus harapan*


Leave a Reply

Tentang Diri

Biasa saja, dan ini adalah tempat ketika isi kepala mulai enggan mengingat. Silahkan tinggalkan pesan anda disini

Recent Comments

Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Sakinah Arifin on Masa Tua
bisnis susu on Saujana
Phil on Budaya Ngopi!

Kunjungan

  • 137,145 Kunjungan

More

Subscribe in Bloglines

Powered by MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Add to Technorati Favorites

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogger Anti Korupsi

Berdiskusilah secara dewasa...</


