Putaran

Saya bilang putaran, tapi buru-buru seorang teman meralatnya dengan menyebut “diulang”.

Ya, ini masih soal pemilukada Gresik, usang dan tak lagi menarik, atau setiap pemilu yang diulang akan kehilangan daya tariknya, atau politik dan demokrasi tak lagi patut dibicarakan bagi sampeayan, karena banyak hal lain yang lebih penting, tapi mau gimana lagi, karena dari disanalah janji tentang kesejahteraan, perbaikan ekonomi dan ringannya biaya-biaya itu bermuasal.

Jika sampean tak lagi tertarik, bolehlah saya sedikit ber praduga, sampean tak lagi peduli, atau tutup telingan, atau seperti saya, kenapa pemilukada Gresik yang diulang itu harus hari minggu, 8 Agustus 2010, tak mengurangi hari siksaan sebagai buruh.

Saya tak hendak berpolemik dengan kejadian pengulangan yang akan dilangsungkan 8 Agustus 2010 itu, tapi istilah “diulang” itu sedikit mengganggu, karena “diulang”, berarti ada yang salah dengan kemarin, dan kata “diulang” seolah adalah solusi yang menyelesaikan, kenapa mesti diulang, kenapa tak ada hukuman bagi yang menyebabkan pelaksaan itu diulang, tidakkah kemarin adalah biaya, yang keluar bukan dari saku pribadi pelaksana, pelaku dan pengawas, atau siapapun secara pribadi dan penuh.

Saya tak tahu siapa yang salah, atau kita tak perlu bersusah payah mencari siapa yang salah dan siapa yang benar,barangkali kita lupa teori transisi demokrasi yang mengharuskan politisi dan partai politik melakukan cara-cara yang baik, KPU berjalan diatas kebijakan, masyarakat bebas memilih sesuai nurani, dan hukum yang tegas atas berbagai konflik yang muncul, atau pemilukada Gresik yang seharusnya memiliki pengertian harfiah sebagai pemerintahan rakyat itu seperti yang ditakutkan Daoed Joesoef, “Demokrasi, dimanapun, menderita suatu penyakit, ia semu, dan simbolis belaka”.

Selamat berputar, maaf, saya ralat, selamat mengulang!.

1 Response to “Putaran”


  1. 1 vin August 5, 2010 at 11:20 pm

    mengulang pemilu memang tidak begitu menarik, terutama jika pemilu ulang itu dilakukan di hari kerja. cukup membuat bt karyawan yang di kantornya memiliki peraturan libur pemilu diambil dari jatah cuti tahunanšŸ˜€


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Tentang Diri

Biasa saja, dan ini adalah tempat ketika isi kepala mulai enggan mengingat. Silahkan tinggalkan pesan anda disini

Recent Comments

Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Sakinah Arifin on Masa Tua
bisnis susu on Saujana
Phil on Budaya Ngopi!

Kunjungan

  • 137,145 Kunjungan

More

Subscribe in Bloglines

Powered by MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Add to Technorati Favorites

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogger Anti Korupsi

Berdiskusilah secara dewasa...</


%d bloggers like this: