Caleg

“Politik itu kotor” kata Albert Camus, “Politik dan nasib umat manusia dibentuk oleh orang-orang tanpa idealisme dan tanpa kehebatan, karena-nyalah orang-orang hebat itu tak mau terjun ke dunia politik”. Tapi tunggu dulu, sampeyan tak perlu berpanas kuping, ada Plato disisi lain, Plato bicara soal apatisme berpolitik, “Hukuman bagi orang-orang yang tidak mau berpolitik adalah bersiap diri diperintah oleh orang-orang yang bodoh”.

Saya tak tahu apa yang dimaksud Camus dengan politik itu kotor, dan saya tak tahu orang-orang hebat dalam pernyataannya itu, terlebih kata Plato tentang orang-orang bodoh yang memerintah, tapi kita mengakui dalam diam, kita berada dalam hukuman, seperti yang terang, yang telah disebut Plato.

Demokrasi, dalam pengertian masyarakat secara umum, dilain daerah dan demikian juga di Gresik, adalah pesta rutin lima tahunan, dan karena pesta, ia dekat sekali perwujudannya dengan hura-hura, konvoi tak berknalpot, sound system memecahkan telinga, dan pokoknya-pokok adalah hingar bingar. Tak perlu pemakluman menunggu saat kampanye, kehingar-bingaran itu terasa semenjak para caleg itu mendaftar, mungkin sekaligus sebagai ajang unjuk kekuatan. Inilah demokrasi yang dipahami, karenanya, jika keriuhan ini mendadak hilang, bisa diduga pertanyaan yang akan menyeruak, “Jarê pesta!, kok sepi!”.

Dibalik pen-caleg-an ada sejarah, dan itu mungkin yang tak pernah terdengar, terdengarpun hanya sas-sus yang membingungkan, pendekatan, lobi-lobi, dan proses pencarian calon pasangan yang diikuti sederet persyaratan. Itu rahasia barangkali, baik atau buruk adalah aib, tak boleh mengemuka di awal-awal, dan ujung-ujungnya mungkin sakit hati, mungkin ini salah satu yang disebut Camus sebagai “kotor”, atau “setengah kotor”, saya tak tahu, dan kita tak pernah kehabisan kisah yang berbunyi serupa, dari dongengan raja-raja sampai lipatan berita.

Adalagi slogan-slogan, jargon meninggi dan terkadang tak berhubungan, tak pernah atau bahkan dianggap tak perlu ada penjelasan, apalagi bagi mereka, yang disebut Plato sebagai masyarakat yang acuh akan hiruk pikuk diluaran. Jika slogan itu hanya mem-beo, maka bentuk kebijakan bisa dipastikan tak akan jauh, artinya, tak akan ada banyak perubahan di saat yang lain bersicepat dengan waktu.

Maka, caleg tanpa idealisme, adalah  “7 deadly sin”, menurut Gandhi.

3 Responses to “Caleg”


  1. 1 oglek February 28, 2010 at 3:56 am

    anda mungkin tertarik untuk menjadi caleg yang idealis di pemilu yang akan datang😀

  2. 2 peyek February 28, 2010 at 7:58 am

    @ oglek : saya sependapat dengan Camus, karena alasan kotor, saya tak berminat, demikian juga dengan Plato, karena alasan diperintah yang bodoh, saya menulisnya.

    salam,

    PS : seharusnya judul posting ini adalah “Cabub Gresik 2010-2015”, karena fast typing dan sulit dibedakan hura-hura claeg dan cabup, saya jadi salah ketik judul, hm…😀

  3. 3 Amd February 28, 2010 at 11:23 pm

    Masyarakat mungkin memang dibikin ignorant, dan sebagian besar toh memilih menjadi apolitis, Pak. Toh pada akhirnya tetap ada yang harus dipilih kan? Lagipula siapapun yang terpilih, pada akhirnya memang hanya jadi alat bagi mereka yang “berkepentingan” kan? Persetan dengan janji-janji surga demi kebahagiaan rakyat…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Tentang Diri

Biasa saja, dan ini adalah tempat ketika isi kepala mulai enggan mengingat. Silahkan tinggalkan pesan anda disini

Recent Comments

Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Sakinah Arifin on Masa Tua
bisnis susu on Saujana
Phil on Budaya Ngopi!

Kunjungan

  • 137,145 Kunjungan

More

Subscribe in Bloglines

Powered by MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Add to Technorati Favorites

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogger Anti Korupsi

Berdiskusilah secara dewasa...</


%d bloggers like this: