Komunitas Ongkeg Gresik

komunitas-ongkeg

“Jam kerjaku yang kurang ajar sebab si lokal bicara genggong”

Komunitas Ongkeg Gresik, entah kenapa dinamai demikian, kalo diartikan menggunakan bahasa nggersik, artinya kurang lebih membengkokkan sesuatu yang lurus, di ongkeg, ditekuk, kurang lebih demikian artinya, mohon dikoreksi jika pengetahuan saya yang secuil ini sedang kurang ajar dengan saya.

Naif memang, saya baru mengetahuinya kemarin, baru mengetahui bukan berarti saya harus tahu semuanya, ya semua komunitas yang ada di sekitar Gresik, lebih karena saya yang kurang bergaul dengan banyak komunitas itu, atau memang kurangnya fasilitas untuk mempromosikan komunitas kreatif seperti komunitas ongkeg ini.

Entah bagaimana kelanjutan kominitas kreatif seniman itu, saya cuman kebagian pamflet yang selembar, dan mungkin itu akan menjadi bagian sejarah, bagian peninggalan yang tak tahu lagi bagaimana kedepan, dan tentu, semua kembali ke soal bagaimana regenerasi dan kearifan serta kebijakan lokal untuk mengangkat dan memberikan secul fasilitas bagi orang-orang yang kreatif berkarya seperti komunitas ongkeg itu.

Ibukota, masih saja menjadi barometer, hanya untuk sekedar diapresisasi, dan 27 Desember 2004 di warung Apresiasi Jakarta menjadi pilihan bagi komunitas itu untuk sekedar menunjukkan karya kreatif mereka, entah bagaimana caranya, karena Pemerintahan Lokal Gresik sangat tidak dimungkinkan menfasilitasi, semoga saja saya sedang salah menduga-duga.

seniman-gresik

Apa saja yang diangkat komunitas Ongkeg di Jakarta? berikut saya list berdasarkan peninggalan sejarah, ya, sebuah pamflet yang tinggal satu-satunya itu.

  • Damar Kurung (Mbah Masmundari)

Sekali lagi, dan sekaligus saya mengklaim, Seni Damar Kurung adalah Asli Gresik,
seorang teman, blogger Gresik, pernah menuliskannya dengan sangat apik disini.

  • H.U. Mardi Luhung

Penyair, asli Gresik, yang salah satunya saya posting disini

  • Amang Genggong

Seniman yang cukup disegani, medok nggersik, setiap malam suka keluyuran dengan sepeda onthel keliling kota Gresik.

  • H. Buchori

Jurnalis asli Gresik, salah satu karyanya ada di buku Grisse Tempo Doloe.

  • Imang AW

Seniman lukis hitam putih asli Ujung Pangkah Gresik.

“Jam kerjaku yang kurang ajar sebab si lokal bicara genggong”, adalah tajuk pertunjukkan berkesenian mereka, dan sungguh semenjak dulu mereka adalah orang-orang yang kepikiran soal Gresik yang makin carut marut.

7 Responses to “Komunitas Ongkeg Gresik”


  1. 1 lakonlokal January 23, 2009 at 11:58 pm

    waduhh tp itu bukan si lakonlokal kan? hehehe… padahal aku dulu beberapa kali nangkring di wapres alias warung apresiasi itu, sayang ga sempet kenalan ama mereka-mereka itu…ada satu lagi wong nggersik yg juga pelanggan wapres, sahlul ‘pelanggar’ malah setiap rabu akhir bulan selalu berkegiatan di wapres bareng ama komunitas sastra reboan (Pasar Malam)..nah masalahnya kita sendiri yang berada di gresik-nya bisa apa nih??

  2. 2 Anak Zaman January 24, 2009 at 4:50 am

    knp ya maasyarakat masih bungkam saja?

    cb yg lebih membakar sedikit dong mz tony…kn smpyn tau kenyataannya.

  3. 3 de January 24, 2009 at 8:01 am

    cinta tumpah darah tenan hehehe. aku mung kenal mbah masmundari

  4. 4 L 34 H January 24, 2009 at 8:37 pm

    Nah loh..kebetulan aku lagi nyari penjual damar kurung. Ada yang bisa kasih info ndak? Serius nih🙂

  5. 5 budiOno January 26, 2009 at 10:52 pm

    salam kenal, mas, mbak…😉

  6. 6 ahmad paku February 4, 2009 at 1:44 pm

    sepengetahuan saya ongkeg itu tempat duduk rame2 seperti bale-bale dari bambu, biasanya ada diujung gang…tempat orang orang kumpul/nyangkruk…dulu sebelum warung2 banyak didirikan

  7. 7 Abdul Wahib January 30, 2013 at 1:47 pm

    AKu gabung dek kene oleh


Leave a Reply

Tentang Diri

Biasa saja, dan ini adalah tempat ketika isi kepala mulai enggan mengingat. Silahkan tinggalkan pesan anda disini

Recent Comments

Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Sakinah Arifin on Masa Tua
bisnis susu on Saujana
Phil on Budaya Ngopi!

Kunjungan

  • 137,157 Kunjungan

More

Subscribe in Bloglines

Powered by MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Add to Technorati Favorites

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogger Anti Korupsi

Berdiskusilah secara dewasa...</


