Semanggi

SemanggiBukan soal kasus yang tak kunjung ada titik terangnya itu, tapi ini soal makanan khas Suroboyo yang berasal dari tanaman semanggi yang dulu banyak dijumpai tumbuh disawah dengan bumbu telo, rem-peyek atau krupuk puli itu.

Mempunyai nama latin Hydrocotyle sibthorpiodes Lamk, soal kandungan kimia dan khasiat silahkan anda cari sendiri.

Penjual makanan semanggi semakin sulit dicari, mungkin tempat tumbuh semanggi banyak berubah jadi gedung dan perumahan, mengkhawatirkan. Dan lagi para penjual semanggi biasanya mbah-mbah yang sudah berusia uzur, dan dijual dengan keliling.

Semanggi

Senang setelah baca postingan si JagoMakan disini, dan beberapa minggu kemarin, saya masih mendapati mbah penjual semanggi dari benowo didepan Koperasi PT Petrokimia itu.

Mudah-mudahan kita tidak import semanggi dari negara tetangga, kelak!.

Referensi :

28 Responses to “Semanggi”


  1. 1 kishandono June 15, 2008 at 12:05 pm

    saya pernah makan ini, dibawakan teman pabrik pagi hari. enak dan sehat..

  2. 2 fahmi! June 15, 2008 at 12:19 pm

    iyoh, wes suwe nggak mangan semanggi. saiki regane larang pisan.

  3. 3 anakbangsa69 June 15, 2008 at 3:40 pm

    kalo beli semanggi(lagi) ajak-ajak dong…mmmmuach

  4. 4 Anang June 15, 2008 at 3:48 pm

    mudah mudahan semanggi tidak diklaim negara tetangga kita sbg makanan tradisional mereka.

  5. 5 peyek June 15, 2008 at 6:20 pm

    @ kishandono
    mas.. ada apa dengan dagdigdug mu itu?🙂

    @ fahmi!
    kapan di review?, kemarin nyari bebek di perak nyasar-nyasar, ndak ketemu pisan!😯

    @ anakbangsa69
    hayok!🙂

    @ Anang
    semoga saja tidak mas!:mrgreen:

  6. 6 areztdotcom June 15, 2008 at 8:52 pm

    walahhh..jd inget makan dahhh:mrgreen:

  7. 7 kishandono June 15, 2008 at 11:17 pm

    wo, maaf.. kurang -g- satu huruf. mohon dikoreksi mas peyek di wp-adminnya. terima kasih.

  8. 8 Johan Suryantoro June 16, 2008 at 12:59 am

    Tolong supaya dijaga jangan sampai punah. Lha wong saya ini kayaknya belum pernah nyicipi semanggi.

  9. 9 erander June 16, 2008 at 12:54 pm

    Pertama kali saya tahu daun Semanggi ketika sedang ada acara di UNAIR Surabaya .. saat selesai pertemuan, ada seorang ibu yang dikerumuni orang banyak. Setelah saya lihat, ternyata orang² tersebut sedang antri membeli Semanggi.

    Karena penasaran .. saya coba beli dan mencicipi. Kesan pertama .. ga enak. Pahit. Akhirnya saya kapok makan semanggi. Waktu berlalu, dua tahun kemudian, pas saya jalan² di foodcourt Tunjungan Plaza, saya sedang pengen nyoba makanan lainnya.

    Karena ga ada pilihan lagi .. akhirnya saya nyoba beli semanggi dan siap² untuk merasakan pahitnya semanggi. Dilalah .. koq yang ini malah eunak tenan hehehe .. jadi sekarang saya jadi suka makan semanggi .. asal ga pahit loh ya🙂

  10. 10 Ersis Warmansyah Abbas June 16, 2008 at 11:29 pm

    Ya ya sehat dan menyehatkan. Mari makan semanggi, tapi … jangan lupakan serial peristiwa Semanggi. Salam.

  11. 11 venus June 16, 2008 at 11:44 pm

    gak suka semanggi. aku seneng tahu thek. nyammmm….

  12. 12 mybenjeng June 17, 2008 at 8:13 am

    pernah lewat thok, belum pernah nyobak… maknyus kayaknya…🙂

  13. 13 Edi Psw June 17, 2008 at 9:15 am

    Metode penjualannya yang tidak menetap inilah mungkin yang membuat penjual semanggi sulit untuk dijumpai.

  14. 14 escoret June 18, 2008 at 12:22 pm

    enak ga..????

    kok ga di bahas enak apa enggak nya..???

  15. 15 EMULTY June 18, 2008 at 2:12 pm

    wah aku pernah sendirian makan tu enak banget ga peduli motor lalu lalang…Wuueenak!

  16. 16 kw June 19, 2008 at 6:17 am

    di tempatku semanggi itu yang tumbuh di sawah-sawah, belum dimanfaatkan sebagai makanan. kalau benar tanaman itu yang dimaksud kenapa belum ada yang tahu ya

  17. 17 leah June 19, 2008 at 7:45 am

    Ga pernah makan… pait ga daun semanggi?

  18. 18 Lintang June 19, 2008 at 1:01 pm

    jadi inget lagunya “semanggi suroboyo”, emang itu asli makanan khas surabaya. pernah sekali nyoba dan emang enak rasanya. wah jangan sampe kelak import semanggi dr negara tetangga cak! ntar jd diklaim kl itu makanan khas negeri tetangga:mrgreen:

  19. 19 gempur June 20, 2008 at 2:38 pm

    hahahahaha… melas banget orang indonesia ini.. saat kita rame2 meninggalkan produk lokal bernama “semanggi” mungkin di jepang, malaysia atau tempat lain mulai membudidayakannya dan kemudian mempatenkannya sebagai makanan khas mereka.. hahahahaha..

  20. 20 indra kh June 20, 2008 at 4:29 pm

    Waah saya ada jadwal ke Surabaya nih tahun ini, penasaran pengen nyoba juga. Keliatannya enak🙂

  21. 21 juliach June 20, 2008 at 10:37 pm

    Udah dicatet, nanti kalo pulang kampung, mampir ke Surabaya untuk jajan daun semanggi.

  22. 22 sibermedik June 21, 2008 at 7:47 pm

    he5x..aq malah ke gresik kangen jingle: “..asyik bergoyang dangdut dijalur dangdut yg ok punya..104.05 swara giri fm..olala..swara giri fm..”

  23. 23 Cactus June 23, 2008 at 12:10 pm

    My favourite food nyam…….:-D

  24. 24 sibermedik June 25, 2008 at 12:36 pm

    krupuk dan sambelnya itu loh..mbuat imbuh maneh cak..

  25. 25 akbarindonesia July 7, 2008 at 10:42 am

    nikmat banget, tapi jarang ketemu….
    mosok kudu hunting-hunting rek….

  26. 26 edratna July 21, 2008 at 6:57 am

    Duh jadi pengin makan pecel dengan sayuran daun semanggi, kembang turi….dipincuk dengan pake daun jati…sedaaap

  27. 27 achmad imron rosyidi September 25, 2008 at 12:49 pm

    wah masih ada loh di gresik.yang mao nyobain,sekarang mbokknya biasa nongkrong di depan masjid nurul jannah petro.standby mulai pukul 11.00,gak tau ampe jam berapa.enak banget lho…


  1. 1 Dari Semanggi « My Little Homeland Trackback on April 22, 2011 at 11:26 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Tentang Diri

Biasa saja, dan ini adalah tempat ketika isi kepala mulai enggan mengingat. Silahkan tinggalkan pesan anda disini

Recent Comments

Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Sakinah Arifin on Masa Tua
bisnis susu on Saujana
Phil on Budaya Ngopi!

Kunjungan

  • 137,145 Kunjungan

More

Subscribe in Bloglines

Powered by MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Add to Technorati Favorites

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogger Anti Korupsi

Berdiskusilah secara dewasa...</


%d bloggers like this: