Laat Maar Saajefen, Ik Toh Ferlegen!

Bahasa Pecuk
Bahasa pécuk, yang artinya dalam bahasa Grissee tempo dulu “Babahno nggapleki, eson kan isin seru!” atau dalam bahasa manusianya “biarin aja ngeselin, aku kan malu sekali”.

Sejenak wisata sejarah ke jaman Grissee Tempo Doeloe, Bahasa pécuk dengan sejarah kehadirannya itu membuat bangga, ngakak, dan memang pernah menjadi bagian sejarah Grissee itu. kaum Mestizo-lah yang memperkenalkannya.

Ini secuil puisi dalam bahasa pécuk yang bisa saya tulis kembali dari buku Grisse tempo doeloe itu.

Passar Sidajoe

Grissee, Pasar Sidajoe, pasar jajan.

Aan gekomen met dokar, kutsir en jaran
(datang dengan dokar, kusir dan jaran)

Nasi krawu, Pudak, sate kambing dan ayam.
Begembira, berjalan waktu malam
terang bulan musim hujan

Mijn vrouw gekoch nieuwe kutang
(istri saya membeli kutang)

De kinderen blij met hun jajan
(anak-anak gembira dengan jajan mereka)

Pa senang met grote kutang
(ayah senang dengan kutang besar)

All em all betul senang
(semuanya betul senang)

Ah niet ah, meisje toh niet swemmen met jongen
(ah enggak ah, mosok anak perempuan mau berenang dengan arek lanang!)

hahahaha…. Salah kaprah atau tidak, dat is niet erg!, gak po-po untuk mengakui keberadaannya…. 🙂

29 Responses to “Laat Maar Saajefen, Ik Toh Ferlegen!”


  1. 1 Anang April 2, 2008 at 11:59 pm

    waa saya nda ngreti apa2 ttg bhasa itu wkwkwk

  2. 2 Tumes_semuT April 3, 2008 at 1:52 am

    ini bukan desa pecuk iku kan cak?

  3. 3 Sawali Tuhusetya April 3, 2008 at 2:03 am

    wah, ejaan dan diksinya kok sudah jauh beda banget dengan ejaan sekarang ya, mas. untuk bisa memahaminya perlu mengernyitkan kening berulang-ulang.

  4. 4 antown April 3, 2008 at 4:29 am

    bener ada bahasa kayak gitu?
    kok mirip boso jowo yoh?

  5. 5 venus April 3, 2008 at 7:38 am

    bahasa pecuk? ada ya? baru denger…:D

  6. 6 Muhammad Husni Thamrin April 3, 2008 at 9:03 am

    Bahasa campur aduk ini juga lagi ngetrend sekarang Mas, dengan versi lain dan pake bahasa Inggris, bukan Londo. Contohnya Cinta Laura….he…he….he….
    Memang disetiap zaman, yang namanya “campuran” selalu oke… 🙂

  7. 7 ulan April 3, 2008 at 2:59 pm

    wah aku di rancang aja belom nih… gile… tua bener bahasa nya masih campur2 nggak karuan… ini jaman nya einstein ya?

  8. 8 nita April 3, 2008 at 8:55 pm

    bahasa campursari itu…belanda campur jamela (jawa melayu):D salam kenal ya

  9. 9 sibermedik April 3, 2008 at 10:41 pm

    ya begitulah bahasa Petjoek kaum Mestizo (Mahluk blasteran)..*herannya sekarang malah laris seperti Cinta Laura*

    Btw, Grisse tempo doeloe boleh difotocopy? di scan’ae cak..ndang di .pdf-ne..he..hee

  10. 10 quelopi April 3, 2008 at 11:04 pm

    nggak ngerti gue kang

  11. 11 indra kh April 4, 2008 at 1:25 pm

    saja poesing mentjermatinja, djadoel banged (banget mah gak ada dalam ejaan dulu, ya😀 )

  12. 12 antown April 4, 2008 at 3:10 pm

    blognya dibuat bahasa djadul aja sekalian, rek

  13. 13 agus rest April 4, 2008 at 4:51 pm

    weehehhehe iso2 wae peno cak, btw bukune ole disilih? nek g ole yo tak rampok wae wess:mrgreen:

  14. 14 ndarualqaz April 4, 2008 at 8:04 pm

    lah, opo iki…..

    *idaj tengi kera ngalam ngis ngomong itsap di kalob-kilab*

  15. 15 mybenjeng April 5, 2008 at 1:46 am

    @muhammad husni thamrin
    setuju cak, Cinta Laura kan bangsa Mestizo juga,
    setengah Londo setengah Jowo.🙂

  16. 16 ziegrusak April 5, 2008 at 10:04 am

    sumpah ga ngerti rek, lah wong boso lumpur aja udah banyak yang lupa!!??@#%

  17. 17 Yari NK April 5, 2008 at 10:39 am

    wah… ik kan niet nederlandsch met tjampoer basa grisse sprekken ja! en deze tekst bikin orang bingoeng poenja ja! Hehehe….:mrgreen:

  18. 18 suci April 5, 2008 at 6:20 pm

    aneh. gak ngerti!

  19. 19 dokterearekcilik April 5, 2008 at 9:24 pm

    Setidaknya tahu kalo ada bahasa kayak gitu, yang paling aku ngerti “Nasi krawu, Pudak, sate kambing dan ayam” naaaaah iku seng enak ……….ik blij met hun Nasi krawu, Pudak, sate kambing dan ayam……… bener enggak ya nulisnya ?🙂

  20. 20 Rizki on benbego April 6, 2008 at 2:55 pm

    waduh, ejaan lama semua. bikin puyeng bacanya

  21. 21 ario dipoyono April 7, 2008 at 4:09 pm

    walah tulisan tempoe doeloe ya

  22. 22 rickisaputra April 7, 2008 at 5:58 pm

    wuaaduhhh… ampuunn..
    roaming banget..😀😛

  23. 23 hanggadamai April 8, 2008 at 3:46 pm

    *garuk2 pala*
    sumpah diriku gak ngerti

  24. 24 edratna April 9, 2008 at 3:00 pm

    Waduhh…nggak ngerti boso Londo…:P

  25. 25 iphan April 9, 2008 at 3:40 pm

    *buka kamus*
    ngecek artinya

    loh kok ndak ada ya?!

    ngecek kamus indonesia timor leste

  26. 26 Edi Psw April 10, 2008 at 3:37 pm

    Wah, dikit-dikit ngerti bahasa itu. Hehehe…

  27. 27 Arif Budiman April 13, 2008 at 8:05 pm

    Wehehehe… seru… seru… Apalagi puisi yang kedua itu… Mbuat ngakak bener…😆
    Eh, kapan-kapan minta ajar sama mas Dukut bahasa itu dong, digalakkan lagi biar kayak menir-menir Belanda gitu…:mrgreen:

  28. 28 dibyo December 10, 2008 at 12:17 pm

    isun lagek ngerti lek onok boso koyok ngono nang gresik.lek perlu, riko kabeh arek nggersik kudu iso boso pecuk,iyo tah?

  29. 29 M. Fatih Hamdie August 12, 2010 at 9:00 pm

    Memang kt lm dijajah bangsa asing dan hak itu secara tdk lngsng memberi pengaruh pd bhs kt sehari-hari, mgkn skrg bhs2 gresik(jaman dulunya GRISSEE)skrg byk yg meninggalkan, tp utk org asli gresik(terutama daerah pesisir dan Giri) nsh paham dgn bahasa itu. Kita coba sama2 menghargai dan menjaga budaya kita, jgn nanti klo udah diakui bangsa lain kita baru ribut, ntar ditanya sejarahnya gmn qt hy MELONGO saja. Malah kdg sy hrn ada org pake bhs lumpur, sedayu. pangkah, petjuk, giri asli malah diketawain.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Tentang Diri

Biasa saja, dan ini adalah tempat ketika isi kepala mulai enggan mengingat. Silahkan tinggalkan pesan anda disini

Recent Comments

Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Sakinah Arifin on Masa Tua
bisnis susu on Saujana
Phil on Budaya Ngopi!

Kunjungan

  • 137,145 Kunjungan

More

Subscribe in Bloglines

Powered by MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Add to Technorati Favorites

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogger Anti Korupsi

Berdiskusilah secara dewasa...</


%d bloggers like this: