Sekedar Menyemangati Diri

Lebih afdhol kalo sesuatu itu ada sumbernya, apalagi hal-hal seperti ini, tidak untuk dipertentangkan, hanya sekedar menyemangati saja, terlebih buat diri saya sendiri yang mulai enggan untuk melakoni dengan menyiapkan segudang alasan. ah sayapun mendapatkannya dari archive email beberapa tahun yang lalu, lupa juga dapat dari siapa.

Seorang Ulama besar Sayid Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakir Al-Khaubawi, yang hidup di abad ke 13 H. menjelaskan keistimewaan malam-malam Ramadhan mulai dari awal hingga akhir yang terurai dalam kitab Durratun Nashihin. Sebagaimana beliau mencantumkan hadis yang bersumber dari Ali bin Abi Thalib ra.: Nabi Saw

  1. Keutamaan Solat Tarawih Malam Pertama
  2. Diampuni dosa orang-orang yang beriman sebagaimana keadaannya baru dilahirkan.

  3. Keutamaan Solat Tarawih Malam Kedua
  4. Diampunkan dosa orang-orang yang beriman yang mengerjakan solat Tarawih, serta dosa-dosa kedua ibu bapaknya.

  5. Keutamaan Solat Tarawih Malam Ketiga
  6. Para malaikat di bawah ‘Arasy menyeru kepada manusia yang mengerjakan solat Tarawih itu agar meneruskan solatnya pada malam-malam yang lain, semoga Allah akan mengampunkan dosa-dosa mereka.

  7. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keempat
  8. Orang-orang yang mengerjakan solat Tarawih akan memperoleh pahala sebagaimana pahala yang diperoleh oleh orang-orang yang membaca kitab-kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran.

  9. Keutamaan Solat Tarawih Malam Kelima
  10. Allah SWT akan mengurniakan pahala seperti pahala orang-orang yang mengerjakan sholat di Masjidil Haram, Masjidil Madinah dan Masjidil Aqsa.

  11. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keenam
  12. Allah S.W.T akan mengaruniakan kepadanya pahala, seperti pahala malaikat-malaikat yang bertawaf di Baitul Makmur. Serta setiap batu dan tanah berdoa untuk pengampunan orang-orang yang mengerjakan tarawih malam itu.

  13. Keutamaan Solat Tarawih Malam Ketujuh
  14. Seolah-olah ia dapat bertemu dengan Nabi Musa a.s serta menolong Nabi itu menentang musuhnya Fir’aun dan Hamman.

  15. Keutamaan Solat Tarawih Malam Kelapan
  16. Allah S.W.T mengurniakan pahala orang yang bersolat tarawih sebagaimana pahala yang dikurniakan kepada Nabi Ibrahim a.s.

  17. Keutamaan Solat Tarawih Malam Kesembilan
  18. Allah S.W.T akan mengurniakan pahala dan dinaikkan mutu ibadah hamba-Nya seperti Nabi Muhammad s.a.w.

  19. Keutamaan Solat Tarawih Malam Kesepuluh
  20. Allah SWT mengurniakan kepadanya kebaikan dunia dan akhirat.

  21. Keutamaan Solat Tarawih Malam Kesebelas
  22. Ia meninggal dunia di dalam keadaan bersih dari dosa seperti baru dilahirkan.

  23. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keduabelas
  24. Ia akan dibangkitkan pada hari kiamat dengan muka yang bercahaya dan berseri.

  25. Keutamaan Solat Tarawih Malam Ketigabelas
  26. Ia akan datang pada hari kiamat di dalam keadaan aman sentosa dari semua kelakuan kejahatan dan keburukan.

  27. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keempatbelas
  28. Malaikat-malaikat akan datang menyaksikan mereka bersolat Tarawih serta Allah S.W.T. tidak akan menyesatkan mereka.

  29. Keutamaan Solat Tarawih Malam Kelimabelas
  30. Semua malaikat yang memikul ‘Arasy akan berselawat dan mendoakannya supaya Allah mengampunkan dosa-dosa orang bertarawih pada malam itu.

  31. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keenambelas
  32. Allah S.W.T. menuliskan baginya dari kalangan mereka yang terlepas dari api neraka dan dimasukkan ke dalam syurga.

  33. Keutamaan Solat Tarawih Malam Ketujuhbelas
  34. Allah S.W.T menuliskan baginya pahala pada malam ini sebanyak pahala Nabi-Nabi.

  35. Keutamaan Solat Tarawih Malam Kelapanbelas
  36. Malaikat akan menyeru: “Wahai hamba Allah sesungguhnya Allah telah ridho denganmu dan dengan kedua ibu bapakmu (yang masih hidup atau yang sudah mati)”

  37. Keutamaan Solat Tarawih Malam Kesembilanbelas
  38. Allah S.W.T akan meninggikan darjatnya di dalam Syurga Firdaus.

  39. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keduapuluh
  40. Allah S.W.T mengaruniakan kepadanya pahala seperti pahala orang yang mati syahid dan orang-orang soleh.

  41. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keduapuluh satu
  42. Allah S.W.T akan membina untuknya sebuah mahligai di dalam syurga yang dibuat dari cahaya.

  43. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keduapuluh dua
  44. Ia akan datang pada hari kiamat di dalam keadaan aman dari semua huru-hara pada hari tersebut.

  45. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keduapuluh tiga
  46. Allah S.W.T akan membangunkan untuknya sebuah kota di dalam syurga yang terbuat dari cahaya.

  47. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keduapuluh empat
  48. Allah S.W.T akan membuka peluang untuk dua puluh tahun ibadat bagi orang-orang yang mengerjakan solat Tarawih pada malam tersebut.

  49. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keduapuluh lima
  50. Allah S.W.T akan mengangkat siksa kubur darinya.

  51. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keduapuluh enam
  52. Allah S.W.T akan mengurniakan pahala empat puluh tahun ibadah bagi orang-orang yang mengerjakan solat Tarawih pada malam tersebut.

  53. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keduapuluh tujuh
  54. Allah S.W.T akan memberikan karunia kepadanya kemudahan untuk melintasi titian sirat secepat kilat.

  55. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keduapuluh delapan
  56. Allah S.W.T akan menaikkan kedudukannya seribu derajat di akhirat.

  57. Keutamaan Solat Tarawih Malam Keduapuluh sembilan
  58. Allah S.W.T akan mengkaruniakan kepadanya pahala seribu haji yang mabrur.

  59. Keutamaan Solat Tarawih Malam Ketigapuluh
  60. Allah S.W.T akan memberi penghormatan kepada orang yang bertarawih pada malam terakhir dengan firman-Nya : “Wahai hambaku!, makanlah segala jenis buah-buahan yang Engkau ingini untuk dimakan di dalam syurga dan mandilah kamu di dalam sungai yang bernama salsabil serta minumlah air dari telaga yang dikurniakan kepada Nabi Muhammad s.a.w. yang bernama Al-Kautsar”

“Selamat menjalankan Ibadah Puasa”

26 Responses to “Sekedar Menyemangati Diri”


  1. 1 rozenesia September 13, 2007 at 10:50 pm

    Selamat menjalankan dan menunaikan ibadah puasa. Posting motivasi. Bagus! Bagus!😀

    Salam kenal.

  2. 2 peyek September 13, 2007 at 11:07 pm

    @ rozenesia
    wah.. cepet banget!
    Salam Kenal Balik !

  3. 3 alex September 14, 2007 at 4:06 am

    Keutamaan dari semua shalat itu: mudah-mudahan tapi ya? menjalin kembali silaturrahmi yang mungkin 11 bulan grafiknya turun di lingkungan mesjid, surau, mushala… yang ada di sekitar kita…😉

  4. 4 deKing September 14, 2007 at 7:02 am

    Walaupun sholat tarawih memiliki banyak keutamaan (dari malam pertama sampai malam terakhir) tetapi kenapa dari hari ke hari banyaknya shof sholat mengalami kemajuan alias semakin berkurang dan semakin maju ke depan?

    Selamat menunaikan ibadah puasa Cak …

  5. 5 Anang September 14, 2007 at 8:41 am

    wah bagus banget…

  6. 6 arek sukorame September 14, 2007 at 9:52 am

    bagus bagus…

    Saya lebih sreg sholat Tarawih itu yang 8 rekaat + 3 rekaat witir, lebih santai, lebih tartil, lebih nikmat dll nikmat lainnya he3x…

  7. 7 funkshit September 14, 2007 at 11:23 am

    saya ketinggalan tarawih pertama😦

  8. 8 -tikabanget- September 15, 2007 at 12:29 am

    slamet puasaaaa….
    *siapa sih si slamet itu..?*

  9. 9 Bachtiar September 16, 2007 at 12:53 pm

    selamat berpuasa…..

  10. 10 Sugeng Rianto September 16, 2007 at 9:10 pm

    Semangat…semangat…!!!
    postingan cak peyek memotivasi saya utk. tetap menjalankan tarawih walau badan letih dan loyo.😉

  11. 11 antobilang September 17, 2007 at 12:55 am

    cak, saya tarawihnya ntar pas udah akhir2 romadhon, karena minggu2 awal gini masih penuh, ntar deh kalo dah pada males ke majsid, saya yang ngisi😀 kalo gak lupa atau pura-pura lupa

    lho, ada sugeng, katanya hiatus?😛

  12. 12 venus September 17, 2007 at 7:21 am

    met puasa, met tarawih. taraweh, met! halah😀

  13. 13 indra kh September 18, 2007 at 3:54 pm

    wah kalau sudah begini pasti tarawehnya selalu berada di shaf paling depan ya, cak😀

  14. 14 peyek September 18, 2007 at 10:49 pm

    @ alex
    ya.. mudah-mudahan mas!

    @ deKing
    terima kasih mas, gimana suasana puasa disana? wah menarik buat dibagi tuh mas!

    @ Anang
    apanya ya mas?

    @ arek sukorame
    yang jelas lebih cepet! hehehehe

    @ funkshit
    hehehehe….:mrgreen:

    @ -tikabanget-
    slamet? bukan sodaramu tik?

    @ Bachtiar
    terima kasih…selama puasa juga

    @ Sugeng Rianto
    mudah-mudahan saya ketularan sampeyan mas

    @ antobilang
    hahahaha… bener..bener jadi biar tetep kelihatan penuh mas

    @ venus
    mbok mudik ra?

    @ indra kh
    saya? wah belum tentu juga mas

  15. 15 telmark September 18, 2007 at 10:56 pm

    sayang saya tdk bisa tarawih. 😦
    selamat menunaikan ibadah Puasa Cak…

  16. 16 peyek September 18, 2007 at 11:03 pm

    @ telmark
    kenapa..kenapa?

  17. 17 Lintang September 19, 2007 at 10:47 am

    sayangnya banyak yg blm memahami keutamaan malam2 ramadhan, mereka menganggap malam ramadhan adalah sama dg malam di bulan lain dan tdk memaksimalkan ibadahnya. btw selamat menjalankan ibadah puasa cak.

  18. 18 xwoman September 20, 2007 at 2:44 pm

    semoga kita melaksanakan ibadah di bulan puasa ini tetap niat mengharap ridho Allah SWT🙂

  19. 19 mardun September 21, 2007 at 5:22 am

    tapi itu berlakunya kalau dilakukan semua nggak mas?

    soalnya sih tradisinya kan yang rame-rame tarawih itu 3 hari pertama dan 3 hari terakhir😛

  20. 20 Yoyok September 21, 2007 at 2:30 pm

    met puasa ya semuanya

  21. 21 guss September 22, 2007 at 2:52 pm

    met puasa dan met tarawih..

  22. 22 guss September 22, 2007 at 2:54 pm

    eh tentang sumbernya.. iya aku juga penasaran..
    di tempatku kitab Durratun Nashihin ini di baca serial tiap malam sebelum tarawih..
    termasuk hadist apa ya..

  23. 23 peyek September 23, 2007 at 1:25 am

    @ Lintang
    selamat juga mbak!

    @ xwoman
    amien..semoga!

    @ mardun
    wuih…sayangnya saya ndak bisa njawab mas!, baca kitab nggak pernah khatam!

    @ Yoyok
    met!

    @ guss
    sampean lebih paham

  24. 24 anas September 29, 2007 at 2:56 pm

    Komplit banget nih cak bener nih ada sumbernya yang jelas, bagi donk🙂

  25. 25 Kurt October 1, 2007 at 9:34 pm

    Tidak mempermasalahkan haditsnya, tapi isinya, benar2 menyemangati.. tapi benar cak bukan samepan saja yang tersemangati tapi mudah2an nyetrum semangatmu padaku…

    Dari ingat jadi bersemangat akhirnya berkeringat …🙂

  26. 26 danasatriya October 10, 2007 at 1:26 am

    lama ra mampir *sadurunge mudik* baca,belakangan,komen sek :mrgreen:


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Tentang Diri

Biasa saja, dan ini adalah tempat ketika isi kepala mulai enggan mengingat. Silahkan tinggalkan pesan anda disini

Recent Comments

Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Sakinah Arifin on Masa Tua
bisnis susu on Saujana
Phil on Budaya Ngopi!

Kunjungan

  • 137,137 Kunjungan

More

Subscribe in Bloglines

Powered by MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Add to Technorati Favorites

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogger Anti Korupsi

Berdiskusilah secara dewasa...</


%d bloggers like this: