Kesalahan Kolektif

Obrolan ringan dari warung kopi pagi itu sebenernya nggak mutu, makanya agak maksa posting atau bisa dibilang sampah, tapi dibuat aja seolah bermutu biar nggak “negh” toh banyak “lakon” basi nggak mutu jadi bahan obrolan hangat.

Apalagi? IPDN?, ya…bener, percakapan pagi itu dimulai dari sana, dengan dua orang pegawai pemerintah kabupaten, yang pagi-pagi gini ( jam sembilan pagi euy..) masih nongkrong di warung, ngorokok en diamput! dengan cekiki’an main catur seolah hari itu adalah hari libur. dan bisa jadi semua hari adalah hari libur buat mereka. Mbahmu!

*** Beikutnya basa-basi nggak perlu! jadi potong aja ya..***

“Mas ngerti ndak sampeyan!, waktu Bupati yang Kyai itu pertama kali mulai menjabat, jangankan Kepala Dinas, Kepala Biro pun, mandi keringat dingin ketika minta tanda tangan dengan menyodorkan amplop itu” wah saya yang sedari tadi sudah mau misuh-misuh ngelihat mereka, sekarang berbalik jadi semakin interest, sekalian saya tanggap, dengan membiarkan mereka ngoceh nggak karuan tentang lingkungan kerja mereka, ternyata mereka juga kaum sakit hati tho, simpel, nggak kebagian!. “lha terus gimana cak?”, “ya begitulah mas” masih ndak percaya dalam hati, untuk meyakinkan “masa mas?”, “ho’ oh”.

“Owalah cak, kalo saya ini orang yang ndak ngerti politik, apapun alasan pejabat, tetep aja mereka bersalah, kotor, korup, pèténtang-pèténténg kayak petinggi yang layak dihormati, padahal amit sewu nggilani! lha yang korup kan mereka bukan rakyat tho!” timpal saya, “mas semua itu adalah kesalahan kolektif masyarakat kita, yang guoblok, nggak kere care, dan diam saja ketika mereka tahu bahwa pejabatnya korup, lha darimana bisa mimpi pengen punya good goverment mas? ngipi! ngimpi mas!!”

Halah, pagi begini bikin hati panas, tapi tetep aja mencoba menahan diri seolah sabar padahal “ngempet”. Lha gimana coba, pejabat yang terima amplop, rakyat dituding dengan kesalahan kolektifnya. Kok jadi se komplek ini permasalahannya, saya yang begini ini perlu belajar lagi, entah belajar baik atau berburu koleksi ilmu hujatan & pisuhan untuk mereka.

31 Responses to “Kesalahan Kolektif”


  1. 1 zam April 25, 2007 at 6:59 pm

    ya begitulah, cak..

    eh, amplop siapa ni?

  2. 2 willyedi April 25, 2007 at 8:03 pm

    Dari mana mulai merunut benang kusut ini, ya?

  3. 3 junthit April 26, 2007 at 3:28 am

    dijotos saja cak, kesuwen..!

  4. 4 Anang April 26, 2007 at 8:15 am

    hakhakhak ketawa lihat iconnya junthit

  5. 5 agorsiloku April 26, 2007 at 8:29 am

    Kalau sekumpulan domba dipimpin seekor singa, maka kesalahan ada dipihak singa.
    Kalau sekumpulan singa dipimpin oleh seekor domba, maka kesalahan kolektifnya ada di sekumpulan singa.

  6. 6 ndarualqaz April 26, 2007 at 5:23 pm

    yang namjanya salah ya salah, mau kesalahan kolektip, mau kesalahan pribadi, kalo ada yang salah, yang tahu harus segera berusaha memperbaiki sehingga menjadi benar.

    tapi sulitnya kalo kesalahan bersamav disepakati sebagai kebenaran. bingung aku…… entahlah

  7. 7 peyek April 26, 2007 at 9:24 pm

    @ zam
    mending amplopnya dibagi rame-rame

    @ willyedi
    kalo mulai dari diri sendiri, apa nggak lebih kusut lagi?

    @ junthit
    wah, mestine!, kalo berani terang-terangan

    @ agorsiloku
    lha tetep aja jadi kambing hitam

    @ ndarualqaz
    lha gimana kalo nggak salah dituduh melakukan kesalahan kolektif?

  8. 8 antobilang April 26, 2007 at 10:32 pm

    kapan2 mau dong skrinsyut warung kopi-nya, sepertinya gayeng je!

  9. 9 Evy April 26, 2007 at 11:53 pm

    lha rakyatmu bodo cak, ra sekolah, pejabate ra pingin rakyat pinjer, engko ra jenak,padahal pejabat yo dipilih rakyat seko partai, tapi rakyat yo wis meneng ae.. meski di bodo2no ora ngelawan timbang malah di guyang, rasah golek perkoro, sing penting iso udud karo ngopi hehehehe… (duduk njenengan lho cak… )

  10. 10 neri April 27, 2007 at 10:53 am

    weks, bupati kyai g jaminan yo………..

  11. 11 cakmoki April 27, 2007 at 10:41 pm

    Pe-En-Es jam songo kluyuran, ngandok koq protes. Bukankah mereka juga korupsi waktu ?😦

  12. 12 alief April 27, 2007 at 11:01 pm

    kesalahan kolektif diobati dengan istoghosah akbar; impas kan… Makane salah trus gpp, pokok istighosahne ya trus…🙂 Jadi trus kapan apike negoro iki?

  13. 13 peyek April 27, 2007 at 11:06 pm

    @ antobilang
    boleh, lagi proses, asal nggak menuras benwit

    @ Evy
    wah bisa jadi tulisan tu mbak “rakyat bodo”

    @ neri
    akhirnya saya tahu siapa anda he..he..h.e.

    @ cakmoki
    korupsi waktu sik kurang cak!, lha buktine ngomel nggak kebagian jatah

    @ alief
    apike yo istighosah terus

  14. 14 Evy April 28, 2007 at 4:03 am

    Yo wis nuliso cak…ojok gelem dadi rakyat bodo… iki karo ngetest opo commentku wis bebas

  15. 15 aVank April 28, 2007 at 7:33 am

    “Owalah cak, kalo saya ini orang yang ndak ngerti politik, apapun alasan pejabat, tetep aja mereka bersalah, kotor, korup, pèténtang-pèténténg kayak petinggi yang layak dihormati, padahal amit sewu nggilani! lha yang korup kan mereka bukan rakyat tho!”

    sama, saya juga ga bisa korup
    wong cuman rakyat jelata

  16. 16 ndarualqaz April 28, 2007 at 12:59 pm

    eh, ngomong2 koleptip iku opo to cak, iku singg ge mbusek tulisan iku opo plastik kelet sing ge mbuntel kabel…

  17. 17 peyek April 28, 2007 at 8:59 pm

    @ Evy
    yo wis tak sidakno

    @ aVank
    nasib jadi rakyat, “Posisi menentukan prestasi”

    @ ndarualqaz
    lha terserah sing ngartikno tho mas

  18. 18 denhurd April 29, 2007 at 10:48 am

    wew… saya gk ngerti…
    PS= maksa koment

  19. 19 venus April 29, 2007 at 12:30 pm

    korupsi di mana-mana. gak bos gak bawahan. misuh2 ae yuk, cak, biar lega…

  20. 20 aribowo April 29, 2007 at 9:04 pm

    wah sorry neeh udah kemaleman gak sempet baca jadi gak bisa komen, nar balik deh

  21. 21 mardun April 30, 2007 at 2:06 am

    mangkane cak, mulai cilik iku arek kudu dididik sing nggenah. Dadi jarno ae kene-kene sing produk gagal matek tuek. Sing penting arek nom-nom ojok (baca nom = dibawah 17 tahun).😛 engko nek nyekolahno anake ojok sampek nang IPDN atawa sing mirip2 kuwi🙂

  22. 22 chantee April 30, 2007 at 8:58 am

    hahahaha sumpah ngakak gulung2….ada monyet bisa kasih komen…
    hehehehe salam kenal

  23. 23 Lintang April 30, 2007 at 10:07 am

    huh ikut2an panas jg nih…kok enakmen…pagi2 waktunya jam kantor malah ngopi di warung sambil main skak sambil ngomongin korupsi…apa mereka g sadar kalo mereka korupsi jg?? paling di benak mereka everyday is sunday yah…

  24. 24 kurtubi April 30, 2007 at 1:35 pm

    “mas semua itu adalah kesalahan kolektif masyarakat kita, yang guoblok, nggak care, …… good government … ngipi! ngimpi mas!!”

    rupanya teman sampeyan itu penganut pesimism… kudu diajar mas kalau diajari gak mau.. but jangan2 teman sampeyan itu bupati…

  25. 25 Jauhari April 30, 2007 at 3:40 pm

    Kesalahan itu kata orang TERGANTUNG SUDUT PANDANG lo😉

  26. 26 peyek April 30, 2007 at 10:49 pm

    @ denhurd
    wah mulai darimana ya?

    @ venus
    lha ya mbok, penake kalo bisa misuh didepan mereka khan mbok!

    @ aribowo
    silahkan balik, asal tahu jalan pulang

    @ mardun
    lha nggak mungkin ke IPDN, khan mudah-mudahan ditutup, ndidik sing nggenah piye kuwi mas?

    @ chantee
    kenal balik

    @ Lintang
    lha itu apa, kan sulit maling ngomongin maling, he..he…he…

    @ kurtubi
    yo wis tak ajare dhewe!!!

    @ Jauhari
    wah nggak pernah selesai tho mas? lha apa nggak saling menyalahkan tuh!

  27. 27 kangguru May 1, 2007 at 2:49 pm

    walah ada diskusi rame toh disini
    biasa cak yen pejabat ya lempar batu sembunyi amplop hheheh
    lha itu kan kreatip hahahhaha

  28. 28 peyek May 2, 2007 at 3:58 pm

    @ kangguru
    iya kang korupsinya makin lama makin kreatif

  29. 29 Pacaran Islami May 3, 2007 at 10:47 am

    Pendaftaran Top-Posts Maret-April 2007 telah dibuka.
    Silakan daftarkan postingan Anda di http://muhshodiq.wordpress.com/2007/05/02/pendaftaran-top-posts-maret-april-2007/

  30. 30 calupict May 3, 2007 at 11:20 am

    Dalam kasus apapun yang sulit itu kalau ‘kesalahannya’ sudah terstruktur.


  1. 1 Bayar Uang Rakyat Dengan Prestasi « My Little Homeland Trackback on May 9, 2007 at 10:36 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Tentang Diri

Biasa saja, dan ini adalah tempat ketika isi kepala mulai enggan mengingat. Silahkan tinggalkan pesan anda disini

Recent Comments

Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Sakinah Arifin on Masa Tua
bisnis susu on Saujana
Phil on Budaya Ngopi!

Kunjungan

  • 137,137 Kunjungan

More

Subscribe in Bloglines

Powered by MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Add to Technorati Favorites

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogger Anti Korupsi

Berdiskusilah secara dewasa...</


%d bloggers like this: