Budaya Ngopi!

Nggak ada hubungan dengan pesan moral, kopi paste, bajak membajak apalagi mbajak pesawat, enggak! tapi ngomongin kebiasaan, lifestyle, gaya hidup, atau entahlah, bisa dibilang sudah budaya, budaya kota santri yang nggak melulu ngaji, tapi budaya nongkrong di warung kopi.

Kalo di kota gede mungkin namanya jadi dugem, clubbing atau apalah istilah gawul lainnya (halah sok tahu!, ya kalo saya sudah terlalu tua untuk mengingat kosa kata yang beginian) tapi berhubung bukan kota gede, kota kecil sekecil nGgresik yang bupatinya kyai itu, jadilah namanya cukup dengan ngopi di warung kopi. ya, hanya minum secangkir kopi panas aseli dan nongkrong yang nggak kompromi karena harga kopi yang seribu, nongkrongnya bisa jam-jaman, sampai ada istilah kopi parkir karena ditinggal pemiliknya “Mas, saya titip kopinya, saya tinggal dulu mas, soalnya masih ada perlu”, padahal kopinya amblas separo, jadinya banyak cangkir berjajar layaknya parkiran. Nggak ngerti juga begitu si pemilik balik kok nggak ketukar dgn tetangganya. Oalah ada-ada saja untung nggak kena biaya parkir berlangganan.

Enggak muda enggak juga kaum tuwir, sss…ssttt ada juga yang berseragam PNS, pegawai swasta sampai pegawai BUMN pun semuanya suka nongkrong di siang bolong, ya apalagi kalo nggak jam kerja yang dicolong, nyesep rokok dan nyruput wedang kopi aseli, dan juga suguhan ringan lainnya, membuat pengopi ini jadi lemes, walhasil cangkem nggames, ngobrolin apa saja yang lagi hangat dinegeri ini, dari pejabat yang korupsi, transaksi jual beli kelas teri hingga tinggi, intelek yang suka membodohi, kyai yang suka menghakimi, sampai kawin cerai balik lagi, sehangat kopi cangkir dan sebungkus rokok, tentu merokok yang islami dan dilakukan berjama’ah karena semua penongkrong di tempat ini adalah perokok sejati.

Aku? hanyalah korban budaya warisan, dan anehnya jadi korban yang keenakan, pertama nongkrong di tempat ini sewaktu es-em-a, belajar ngopi dan ngerokok pertama kali sampai batuk-batuk ngeklek 3 hari, lha kok sekarang disuruh istri berhenti, kan sayang belajarnya dulu mati-matian, bertaruh nyawa berlumuran darah, soalnya takut ketahuan orang tua.

Apa sih enaknya? lha kan begaya hidup mapan, kan kerjaannya cuman nongkrong. Cari aja warung kopi yang empunya warung berlangganan koran berbagai media, tinggal pesen kopi biasa, kopi susu, kopi yang gendosnya (baca: ampas kopi) diatas kan normalnya dibawah, terus baca koran gratis, tipi gratis dan yang penting bisa ngutang tapi yang ini nggak gratis. Kadang janjian sama teman sering dilakukan disini tentunya bukan dgn mantan do’i, jaga gengsi je..!, banyakan di mek-di.

Nah lha wong namannya warung kopinya wong cilik mas, kalo nggak bisa diutang tentu nggak laku, beda sama dugem, clubbing-nya orang kota, bukan kopi bergendos lagi, tapi sudah de’ excelso dan cappucino yang nggak bisa diutang. lha ini kan kopi aseli hasil deplokannya si mbok!.

77 Responses to “Budaya Ngopi!”


  1. 1 ..:X W O M A N:.. April 3, 2007 at 11:32 am

    kalo coffeemix masuknya mana? aku suka banget tuh😀
    jadi… bukan karena warkop wong ciliknya, tapi karena budaya ngutangnya itu hehehe…😛

  2. 2 doeytea April 3, 2007 at 12:09 pm

    wah, jadi pingin ngopi juga nih..

  3. 3 cK April 3, 2007 at 1:15 pm

    ada juga tuh tempat ngopi enak yaitu di je.ko ama kopi bengawan solo. aseli indonesia punya, tapi aga mahal. tergantung selera sih…

  4. 4 indra kh April 3, 2007 at 4:22 pm

    Ada kopi jahe nggak, mas ? Kopi susu atau kopi biasa yang masih panas, harumnya bikin ketagihan. Apalagi ditemani ubi rebus, sama kue balok atau bandros, wuiih enak tenan.

  5. 5 peyek April 3, 2007 at 7:17 pm

    @ ..:X W O M A N:..
    iya ya.. kalo sudah ngomong budaya ngutang, nggak cuman wong cilik aja

    @ doeytea
    hayo, nggak usah dipikir lama-lama

    @ cK
    nggak semahal laptop DPR kan?

    @ indra kh
    tentu mas, wah jadi kayak iklan rokok!

  6. 6 juliach April 3, 2007 at 7:46 pm

    Mo ngopi enak? di perkebunan inti …(berapa aku sdh lupa) pokoknya jalan ke kawah ijen dr bondowoso (udah dekat dgn parkiran kawah ijen); kopi di ds Munduk Bali; kopi medan yg gilingannya kasar banget (yg ini kiriman dr paman di sana); kopi+susu+cognac. Yg terakhir ini baru enak. Hasil experimenku sendiri & hasilnya lebih enak dr Irish coffee.

  7. 7 grandiosa12 April 3, 2007 at 9:23 pm

    manteb ngopi ditemenin sebatang (atau dua) rokok kretek.. beuhhh..

  8. 8 deKing April 3, 2007 at 9:57 pm

    Kalau di Jogja jarang ada warung kopi kayak gitu, yang banyak adalah Angkringan an warung Burjo (bubur kacang ijo) Pasundan
    Nah dua cafe itulah yang hampir setiap malam saya kunjungi setiap pusing mengerjakan berbagai macam tugas. Apalagi kalau di warung burjo dijamin betah karena ada koran (2 koran berbeda) dan juga ada “kotak ajaib”nya….lumayan numpang baca dan nonton”:D

  9. 9 mathematicse April 3, 2007 at 10:17 pm

    Jadi bukan cuma ngopinya yang gratis. Baca korannya itu lho…

  10. 10 mathematicse April 3, 2007 at 10:18 pm

    sorry2, maksudnya ngopinya bayar (seringnya ngutang dulu)… Baca korannya yang gratisan.. hehehe..

  11. 11 alle April 3, 2007 at 10:41 pm

    Nambahin Pak deKing,..
    ada juga KopiJos deket stasiun tugu,. Patut dicoba! Pengalaman neruput kopi yang didalemnya ada areng

  12. 12 antobilang April 3, 2007 at 10:59 pm

    ngomongin kopi yah?
    kalau pas di lampung itu pernah nge-trend kopi-duren. segelas kopi dimasuki durian sebiji, terus diaduk..wuah..dijamin langsung terkapar nikmat mas…mantapp!!!

  13. 13 peyek April 3, 2007 at 11:26 pm

    @ juliach
    weleh jadi ngiler…

    @ grandiosa12
    lha lupa semua utang-utangan

    @ deKing
    nongkrong jam-jaman tetep kan mas

    @ mathematicse
    bener kopinya bayar belakangan, kadang kopinya nyatat di buku kredit harian si mbok

    @ alle
    lha kalo itu pernah lihat di kotak ajaib, gimana ya rasanya

    @ antobilang
    weleh, tenane mas, penasaran tuh mas, apalagi duren monthong, boleh dicoba tuh, kalo mantap bisa dijadikan bisnis disini tuh mas

  14. 14 junthit April 4, 2007 at 12:34 am

    nongkrong , ngopi , guyon ngalor – ngidul waduuh kangen aku..kapan aku pulang ya ??
    di Arap nggak ada yang nongkrong sih , jadi baca cerita gini langsung pengeen..

  15. 15 masagielmuna April 4, 2007 at 6:13 am

    Soal kopi, selera saya mah tetep kopi klasik gaya kopinya mbah jambrong, yaitu yg berampas dan sedikit pake gula. Ga suka yg instan & pake tambahan macem2. Walopun bukan perokok, tetep aja bisa uenaaak tenaaaan.

    btw obrolan di warkop ga jauh beda ya sama di blogosfer?

  16. 16 n0vri April 4, 2007 at 7:26 am

    Mas Peyek,
    kata siapa orang kota kalo ngopi ‘d’Excelso atau Cappucino itu gak bisa ngutang? lha wong abis ngopi pada maen gesek kartu plastik, trus udah gitu opura-pura lupa bayar, nanti kalo dah digedor-gedor debt collector baru nyadar, he he he

    Btw, aku juga penikmat kopi Cak, maklum wong Lampung, ning ora nganggo rokok-an…

  17. 17 khuclukz April 4, 2007 at 7:48 am

    Mas peyek,
    orang gresik kan terkenal WARGRES nya..
    tul ga’
    itu kan salah satu budaya ngopi…
    otree…
    sukses buat mas peyek

  18. 18 peyek April 4, 2007 at 9:47 am

    @ junthit
    ya sudah langsung aja

    @ masagielmuna
    kopi berampas memang lebih terasa dari kopi instan

    @ n0vri
    ternyata ngutang, tapi agak bisa bergaya

    @ khuclukz
    lho kok tahu, apa nggak terkenal santrinya, pudak & nasi krawu

  19. 19 kangguru April 4, 2007 at 9:58 am

    waduh ketinggalan ngopi nich
    tiap pagi bangun tidur yang dicari segelas (segelas lho bukan secangkir) kopi hitam agak manis + sebatang rokok halah
    monggo mas di unjuk kkopine ( sok jawa ) eh bener ngak nulisnya

  20. 20 ivan April 4, 2007 at 9:59 am

    weleh aku juga suka ngopi tuh mas peyek…
    apalagi sambil makan peyek hehehe…
    soal ngutang sih….ssssst! jangan bilang bilang ya!

  21. 21 Biho April 4, 2007 at 10:18 am

    mantaffff… ngopi sambil gaple!

  22. 22 Evy April 4, 2007 at 10:40 am

    di ambarawa juga ada tu tempat ngopi lupa namanya euuy wis tuwek aku… sayang yg terkenal di jakarta kok starbuck ya

  23. 23 MasIndra April 4, 2007 at 10:50 am

    @alle n deKing
    Banyak sekarang di jogja yang warungnya spesial menjajakan kopi. Di deket stasiun tugu itu sih emang terkenal…tapi di deket fak.pertanian ugm juga ada tuh yang jual kopi macem-macem dari banyak daerah penghasil kopi. wuenakk…pokokmen…bukan iklan lho ya….
    Nah di daerah gowok sekarang juga berjajar warung-warung yang menyediakan menu spesial kopi…
    tapi bukan kayak s***b*c** lho, atau c****e b**n kayak di jakarta, disana modelnya warung, bisa buat main catur, gaple dsb
    WeekEnd ini kulo akan ke jogja, ngopi bareng apa? hehehe…

  24. 24 deedhoet April 4, 2007 at 11:39 am

    kalo beli kopi di angkringan ato minum kopi buatan orang laen rasanya kok lebih mantap daripada kopi buatan sendiri ya. Rasanya ada yang kurang gitu lho kalo buat kopi sendiri..

  25. 25 cakmoki April 4, 2007 at 1:03 pm

    mana, mana ada kopi enak? Saya penikmat kopi, macem-macem kopi udah pernah ngicipi, kecuali kopi mentah. hehehe
    Biasanya dapet kiriman kopi ndeplok sendiri dari ibu. Berhubung beliau sudah sepuh, kopi jahe mandeg, hmmmm eunake rek😀

  26. 26 awaloeddin devie April 4, 2007 at 3:07 pm

    mau ngopi bareng di pinggir dharmawangsa mas? sapa tahu ada cewek UNAIR yg nyamperin. ;))

    [berbulan bulan ngopi di dharmawangsa, setiap cewek yang lewat pasti punya gandengan. sigh!]

  27. 27 zam April 4, 2007 at 3:39 pm

    wahahaah..

    saya malah pengen ngopi di nggresik, je..

    la biasanya saya ke gresik kalo pas lebaran saja.. itu pun agenda sudah penuh sesak dengan agenda unjung-unjung..

    bisa dijadikan obeyk wisata itu, kang..😀

    ndak semua warisan nenek moyang itu jelek kang.. yang penting bisa ngambil manfa’atnya toh..

    minimal buat ngilangin kantuk dan suntuk..😀

  28. 28 venus April 4, 2007 at 4:28 pm

    aku juga coffee lover. lagi stress, ga punya duit, lagi bete, asal masih ada kopi panas yang kebul-kebul..wuaaahh..semua beres dah! :))

  29. 29 mbah keman April 4, 2007 at 4:49 pm

    di jogja, sekarang lagi trend warung kopi, gak atau alasanya apa, yang gk suka kopi pun pada dateng, padahal pesen just, mungkin bucaya ngobrol kali ya yang lagi di gemari sama anak jogja, kalau simbah sih gak suka kopi takut ususnya hitam wkaakakak

  30. 30 admin April 4, 2007 at 6:13 pm

    Bicara, soal kopi, yang jelas bukan kopi pasti bro, ntar gw mo bahas tentang Kopi ini. Soalny kopi di daerah Semende sudah terkenal diwilayah sumatera dan sekitarnya.

    dan insya allah akan di rilis minggun depan, kalo ada waktu sich….

    ngopi, wenak tenannnnnnnnnnnnnn

  31. 31 peyek April 4, 2007 at 7:38 pm

    @ kangguru
    wah seger betul kang!, jawa-nya dah medhok, dah OK

    @ ivan
    wah ternyata nggak cuman saya aja yg suka ngopi

    @ Biho
    yo’i mas

    @ Evy
    bagi yang duwite okeh mungkin ke startbuck mbak

    @ MasIndra
    hayo mas, nunggo opo maneh?

    @ deedhoet
    kalo bikin sendiri soalnya nggak ada temen ngobrolnya kali mas

    @ cakmoki
    gimana kalo tuker-tukeran kopi cak, kan nggak mahal, piye?

    @ awaloeddin devie
    halah, jangan mengingat masa lalu mas, dulu saya pernah ngopi disitu ngecengin anak HI UNAIR, cuakep mas areke he…he…he…

    @ zam
    yo wis je… opo mene tak enteni, nek unjung-unjung neng nGgresik

    @ venus
    sami rawon eh mawon

    @ mbah keman
    ngopi mbah..ngopi… biar mbah tambah gawul

    @ admin
    ditunggu tulisannya, kalo bisa dipaketin juga OK, biar komentarnya nanti bisa pas he…he….he….

  32. 32 arifkurniawan April 4, 2007 at 8:31 pm

    Bagaimana dengan budaya kopi paste Al Quran?

    Itu budaya darimana yaaa?

    Huehehehe

  33. 33 joesatch April 4, 2007 at 10:00 pm

    neng kene jenenge ngangkring, mas.
    belakang kampus, duduk2, sambil ngeliatin gadis manis yang kebetulan lewat. biasanya kalo ada mantannya salah satu anak-anak yang lewat, ya kita sorakin rame2, kekekekeke

  34. 34 imcw April 4, 2007 at 10:05 pm

    memang rasanya lebih nikmati minum kopi di warung daripada buatan istri di rumah, entah apa sebabnya…;)

  35. 35 Amd April 5, 2007 at 12:18 am

    Saya ndak suka kopi, ngeteh aja boleh kan?

  36. 36 calvinms April 5, 2007 at 12:46 am

    kopi memang nikmat, tapi entah kenapa saya lebih memilih untuk tidak terlalu banyak meminumnya karena gampang insomnia.

  37. 37 Ahmad Dzikir April 5, 2007 at 5:07 am

    Aku air putih aja deh.

  38. 38 clukindahose April 5, 2007 at 10:18 am

    Kopi dingin / Panas.. asal nesca*e. wew bikin ketagihan.. apalagi pas lagi sibuk-sibuknya ngerjain sesuatu.. tapi soal rokok ga dah beh..

  39. 39 jokotaroeb April 5, 2007 at 11:31 am

    saya suka ngopi tapi hanya sesekali takut ketagihan,

  40. 40 peyek April 5, 2007 at 12:51 pm

    @ arifkurniawan
    kata tetangga sebelah dari kaum sebelah juga, mas

    @ joesatch
    Nangkring? wah efek sampingya lebih dahsyat mas

    @ imcw
    sebabnya mungkin nggak ada temen minum kopi kali mas

    @ Amd
    ngeteh, nge-es, nge-jus, lha monggo

    @ calvinms
    justru insomnia-nya yang dicari mas

    @ Ahmad Dzikir
    wah kalo ahli dzikir air putih, tapi kopipun nggak haram kan?

    @ clukindahose
    berarti berjasa juga tuh kopi

    @ jokotaroeb
    ketagihan? kan nggak dosa mas, he…he…he…

  41. 41 Sugeng Rianto April 5, 2007 at 8:45 pm

    Nomer 41….ampun deh ketinggalan berita, eits..ketinggalan kopi deng😆 .

    mas kalau saya ngopi paling2 pas jeda waktu kelas kampret malam, wuih…capucino ngebul saat mata lagi sepet2e. uennakke puool, sambil ngisep rokok berjamaah di lobby kampus. wong kita2 ini keren yo wis cukup ngopinya lobby, bukannya tempat2 berkelas😆 .

  42. 42 Hendra Ciptawan April 6, 2007 at 12:07 am

    Kopi sambil kopi daratan baru enak😛

  43. 43 deKing April 6, 2007 at 3:57 am

    Numpang cerita nich mas…
    Di daerah Kledung (Kabupaten Temanggung-Jawa Tengah) ada warung kopi yang sangat asyik (di seberang Hotel dan restoran Kledung Pass)
    Sambil menikmati kopi kita bisa memandang Gunung Sumbing di satu sisi dan memandang Gunung Sindoro di sisi yang lain. APalagi hawa dingin pegunungan begitu menusuk sehingga semakin nikmat rasanya minum kopi…
    Tidak ada ruginya mencoba kedai kopi itu dech…

  44. 44 aVank April 6, 2007 at 8:57 am

    ngopi
    ngupi
    ngupil

    3 kosakata yang bernada sama

  45. 45 klikharry April 6, 2007 at 9:03 am

    kopi..ngopi…trus,,sampe tua..ha..ha…
    hidup bajak laut….🙂
    *apaan seh*

  46. 46 Dani Iswara April 6, 2007 at 9:34 am

    saya ngga ‘hobi’ ngopi, jd pas ditawarin kopi (anget menjelang dingin..), tak sruput aja abis kayak minum air putih biasa…😀

  47. 47 biela April 6, 2007 at 8:05 pm

    hati – hati kafeinnya, Mas
    hehehe

  48. 48 peyek April 6, 2007 at 9:51 pm

    @ Sugeng Rianto
    kopi sekelas lobby, he…he… iya mas memang buat orang kere kayak kita ini

    @ Hendra Ciptawan
    iya mas, kalo sendiri rasanya nggak enak

    @ deKing
    ke Temanggung ngopi? kedengarannya asik tuh mas, mudah-mudahan bisa mencicipi kopi disana

    @ aVank
    nada sama, tapi beda rasa, dah nyoba ta?

    @ klikharry
    iya, dah kewajiban kayaknya

    @ Dani Iswara
    wah.. kalo nggak pernah ngopi memang gitu mas

    @ biela
    makasih dah diingetin

  49. 49 Kampret Nyasar April 7, 2007 at 1:04 am

    ngopi parkir dan sederet istilah itu ternyata bukan hanya warisan kita-kita aja kok… banyak kampret2 disini yang juga doyan kopi-parkir macam gitu.. apalagi pas udah menjelang jumat siang.. meski dikata kopi lebanese yang rasanya mirip obat batuk paitnya dnegan cangkir kecil-pun bisa membuat mereka nangkring paling nggak sejam lamanya..😀

    Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Afrika Barat
    ————–
    PS: Ohya, Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.

  50. 50 Carolus Agung April 7, 2007 at 2:26 am

    Kopi ?? Wah saya sukanya kopi instant mas, soalnya murah punya dan bisa bikin sendiri😀 hehehe…”wah Wong Deso Agung ini,ga kenal apa ya ama caffe ? Katro..Katro…Wakakakak…” Salam Kenal Mas *salaman* Numpang di Blog Roll Dong Mas..Blog Mas sudah saya selipin di Blog saya😀

  51. 51 ndarualqaz April 7, 2007 at 11:51 am

    wah sudah lama nih saya nggak ngopi cangkir di madiun. selama 3 tahun saya di dolo, saya cuma pernah ngopi 2 kali, rasanya blaaah, blas gak enak, encer lagi, kalo saya hobinya kopi cangkir pahit dan kentel (dulu sih cuma 5 ratus, tapi nongkrongnya minimal 2 jam hehehehe).

  52. 52 dedex April 8, 2007 at 1:11 pm

    eh di jogja deket satasiun tugu, ada kopi di campur arang yang membara.. mau coba kesana! atau kalau kejauhan buat sendiri aja cara gampang.

    cara pembuatan
    1. siapkan gelasnya terus masukin gula dan kopinya nya 2 sendok atau sesuai selera anda

    2. tuangkan air panas

    3. aduk hingga rata
    4. kayak buat kopi biasalah..

    kalo udaj jadi kopinya tinggal di masukin arang yang masih membara.. JOsssss gitu bunyinya.. setelah arangnya padam.. udah di kopi arang siap di minum..

    *hehehe nagco*

  53. 53 danasatriya April 8, 2007 at 9:36 pm

    saya terbiasa ngopi pagi sebelum ujian , dan waktu menjalankan sks menghadapi ujian..
    I think, kopi ter mantap yang pernah saya coba adalah kopi arabika bikinan banceuy bandung.. kalah dah cappucino dan kopi bla bla yang laen.. PAHIT tapi MANTAB!!
    tapi kalo lagi ga ada ujian, mending minum susu stroberi manis deh, bikin endut ginuk ginuk semakin menggemaskan😳

    warkop favorit : depan kost di bandung, disambi makan mie goreng dan bubur kacang hijau.. budaya tidak sehat neh jadi mahasiswa😥

  54. 54 Dee April 9, 2007 at 1:15 pm

    Kopi saya bundar, bundar kopi saya, kalo tidak bundar bukan kopi saya…

  55. 55 peyek April 9, 2007 at 11:28 pm

    @ Kampret Nyasar
    wah ternyata sama saja mas, senang mas dah mampir

    @ Carolus Agung
    wah terimas kasih banyak

    @ ndarualqaz
    madiun? memang ada warung kopi mas? dulu saya kesana muter-muter cari warung kopi tapi ndak nemu mas

    @ dedex
    kopi campur arang? wah, gimana rasanya mas

    @ danasatriya
    sekarang gimana? sudah ndut ginuk ginuk

    @ Dee
    Pak dhe gimana? kopi bundar ta de? teng pundi de?

  56. 56 maspai April 13, 2007 at 12:09 am

    salam kenal…
    esun wong gresik lo cak…
    warung kopi gresik sing paling uenak nangndi yoo…
    aku ngertine warung kopi kuburan PUTRI CEMPO, koyeke seh duduk teko wedange, tapi nggone ae sing asik…
    kapan-kapan nek nyangkruk nyruput kopi ajak aku cak…
    nedo nrimo…

  57. 57 Rizma Adlia April 15, 2007 at 11:25 am

    Ma pencinta kopi sejati!! tapi kalo sering sering beli di cafe cafe itu bisa bangkrut,, hiks,,

    Fave, Love coffee di C3,,🙂

  58. 58 peyek April 15, 2007 at 11:51 am

    @ maspai
    nggresik endi?
    kabeh kopi uenak pokoke panas mungkal-mungkal, ngopi bareng? ayo!

    @ Rizma Adlia
    kalo di cafe bangkrut, kalo di warung kopi, bakulnya yang bangkrut, soalnya ngutang dulu he…he…

  59. 59 Fourtynine April 20, 2007 at 1:02 pm

    Bravo!!!! Seandainya saja di daerah saya ada warung macam itu…

  60. 60 Mr. Fulus April 24, 2007 at 9:23 am

    Gresik gak ada matinya…. Ngopi terus 24 jam!
    Gak tau kapan dan siapa yang mulai. Warung kopi ada dimana-mana. Di tepian jalan raya samapi di ujung kampung-kampung. Kalau dimeterin mungkin tiap 50 meter ada warung kopi.
    Kalau siang warung kopi dijubeli pengangguran, pengrajin emas yang lagi gak ada garapan, sama pegawai yang nyuri waktu kerja. Kalau Malem? Wow.. Kelas pekerja yang baru pulang kerja adalah pelanggan setia…
    Gresik.. gresik..

  61. 61 peyek April 30, 2007 at 11:09 pm

    @ Fourtynine
    kalo nggak ada kenapa nggak dibikin aja? he..he..h.e.. lumayan kan?

    @ Mr. Fulus
    weleh sampeyan kok tahu mas?

  62. 62 zainurie May 3, 2007 at 1:20 pm

    sing penting iso ngopi karo roko’an coy……

  63. 63 Aryo August 2, 2008 at 9:06 pm

    Orang gresik tua muda suka nongkrong di warkop siang malam..makane kotane gak maju2 sejak dulu tetap aja, bahkan sampe banyak yang lupa kebersihan sebagian dari iman

  64. 64 Faizin October 16, 2008 at 5:21 pm

    Salam kenal Mas… lagi nyari teman yang suka ngopi nih, sekalian baru njajal bikin blog. Dasar ndeso saya ini… Tengok aku ya?

  65. 65 Singo Wande January 5, 2010 at 8:14 pm

    Ngopi…
    Wah,kalo ngomong soal ngopi pasti gak bakalan ada habisnya.
    Sebenarnya bukan soal kopi atwa gorengannya,tapi lebih pada kumpul kumpulnya.Bisa Ketemu ‘n ngobrol sama berbagai kalangan,walo cuma sebatas wong cilik..
    Tapi,asik kok kalo tiap hari bisa ngopi.Paling tidak kita bisa tahu kalau kita lagi sehat.gak Takut kadar gula naik..Hiks.

  66. 66 sunan May 8, 2010 at 6:53 pm

    emang warung kopi bisa digunakan para sales mobil, sepeda motor, bank yang menyediakan kredit dari 10jt sampai milyard tumplek blek diwarung. makanya kalau temen2 yang mau pinjam uang 1M atau mau beli mobil toyota dll datang ke warung kopi depan Gereja pasar senggol komplit……………….

  67. 67 ty May 31, 2010 at 4:24 pm

    dimana ada budaya parkir kopi??????

  68. 68 Spy pen July 29, 2013 at 4:12 am

    Now that you are ready, head out for a modern version of hide and seek.
    Like data collection, testing, monitoring, or even hidden investigations.
    what could I handle and get off my plate between now and then’. These compact in size and easily concealable camera espion help in keeping a watch on anyone and revealing the secrets. This will likely be the main attraction for the younger market that places value on portable music devices.

  69. 69 seminyak hotels September 30, 2014 at 8:56 am

    I was suggested this blog by means of my cousin. I’m now not
    certain whether or not this put up is written by him as no one else know such distinctive about my trouble.
    You are incredible! Thanks!

  70. 70 Warjo Coffee November 7, 2014 at 12:00 am

    legrek……………….brow

  71. 71 Jayakarta rental apartment July 29, 2015 at 2:44 am

    I relish, lead to I discovered just what I used to be taking a look for.
    You have ended my four day long hunt! God Bless you
    man. Have a nice day. Bye

  72. 72 LokerID September 11, 2015 at 1:30 pm

    Wow jadi kangen suasana kopi gresik😦

  73. 73 les privat September 12, 2015 at 7:38 am

    minum kopi paling enak di[agi hari ,, salam kenal

  74. 74 Phil November 19, 2015 at 12:06 am

    I blog frequently and I genuinely thank you
    for your content. The article has truly peaked my interest.
    I’m going to take a note of your website and keep checking for new details about once per week.
    I opted in for your Feed too.


  1. 1 Blog seharga koran lamer « IT & Comm Trackback on April 5, 2007 at 1:58 pm
  2. 2 Cangkruk’an « Dukun Village™ Trackback on December 19, 2007 at 3:12 am
  3. 3 Pria Subur = Peminum Kopi « Sambel Petis Abang Trackback on March 28, 2008 at 2:29 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Tentang Diri

Biasa saja, dan ini adalah tempat ketika isi kepala mulai enggan mengingat. Silahkan tinggalkan pesan anda disini

Recent Comments

Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Apotek Munggu Farma on Gresik Di Linimassa
Sakinah Arifin on Masa Tua
bisnis susu on Saujana
Phil on Budaya Ngopi!

Kunjungan

  • 137,137 Kunjungan

More

Subscribe in Bloglines

Powered by MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Add to Technorati Favorites

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogger Anti Korupsi

Berdiskusilah secara dewasa...</


%d bloggers like this: